Skip to main content

Karena Politik Lebih Mempengaruhi



Semua orang berpolitik. Sebab, bicara soal politik, berarti berbicara soal negara, warga negara, organisasinya, dan kita pasti ada di salah satunya. Orang-orang yang tidak mau berpolitik, mustahil bisa mendapat tempat  atau daerah tanpa negara. Sekecil apapun itu, manusia pasti punya peran dalam politik. Yang benar dan ini mungkin yang mereka maksud adalah, tidak berpartai. Politik dalam arti berpartai ini yang mungkin kita anggap wajar mengapa orang cenderung menganggap politik itu jelek.
Tapi, ini bukan soal teori politik. Kali ini aku ingin bercerita mengenai sosok seseorang yang memaknai politik lebih baik dari kebiasaan banyak orang. Pak Sudirman, begitu aku memanggilnya. Dia seorang guru di SMP Satap Lombang. Dialah orang yang bersama denganku menertibkan anak-anak di hari Senin untuk upacara. Hanya saja, ia selalu menolak jadi pembina.
Dia lebih suka menertibkan, sedangkan aku sering diminta jadi pembina. Cukup dia dan aku di sekolah, maka upacara akan tetap terlaksana. Dedikasinya terhadap pendidikan tak diragukan lagi. Dialah orang yang membuat SMP menjadi hidup, tak kalah dengan SD tempatku mengajar.
Sebelum terpilih menjadi Kepala Desa, minatnya di dunia politik sangat mudah tercium. Tapi, asumsi yang dibangunnya adalah, dengan politik kehendak baik akan lebih mudah terealisasi. Karena politik lebih mempengaruhi, itu asumsi dasar mengapa ia terjun ke dunia politik. Itu pula sebabnya, sejak awal dia sudah terang-terangan mengatakan bahwa dia ingin jadi Kepdes.
Sekarang, ia sudah sah terpilih mengemban tugas itu. Di ruang pola Bupati Majene ia dilantik. Semoga selama masa jabatannya, ia selalu amanah. Semoga juga, pihak desa dan sekolah di masanya bisa bersama membangun generasi Lombang yang beriman dan berwawasan.
Hei, di foto ini ada Nabila, anak beliau. Nabila menurutku adalah keteladanan yang ada dalam diri pak Sudirman. Nabila siswi yang tidak hanya cerdas, juga baik, disiplin, suka menolong, dan sangat rajin belajar. PM yang mengenalnya pasti setuju tentang hal ini.
Sebagai mana kecintaannya pada Nabila, demikian pula ku harap ia mencintai anak-anak Lombang. Dari kejauhan, semoga harapanku ini tersampaikan ke beliau. Dari kejauhan pula, doaku untuk beliau dan masyarakat Lombang pada umumnya kupanjatkan. Semoga Tuhan yang Pemurah mengabulkan, amin.
Foto by: Irwan Syah

Comments