Benar itu indah, benar itu adil, benar itu satu, maka, benar itu adalah Tuhan

CLBK VS RUJU'


(Kritik Terhadap Sistem Percintaan Indonesia)
Oleh: Khairil Akbar (elkhairy)

Ntah kenapa, belakangan ini semangat menulisku kian terkuras oleh kegiatan-kegiatan lain yang sebenarnya tidak begitu urgen bahkan masih menyisakan waktu untuk menulis sebenarnya. Tapi jari ini seperti kehilangan keahliannya dalam menari. Dalam tulisan kali ini, ku paksakan ia bergerak walau kaku, meski pikiran dan hatiku kini tidak menyatu. He he he he ……….!!!!

Ruju' bukan mencari mantan.....!!!!!!!

Tulisan ini mengajak kita berfikir bahkan memberi analisa tersendiri terhadap sistem percintaan di Indonesia. Jujur, sebenarnya banyak hal yang menjijikkan dalam sistem percintaan remaja bahkan di kalangan dewasa kita. Saat ini semua orang mungkin akan mengira hal-hal yang akan saya kritik adalah sebuah keromantisan yang mesti dipertahankan. Tapi saya yakin pembaca akan sepakat walau mengungkapkan kesepakatan itu agak terlalu berat. PeDe boleh dunk, he he he ……….!!!

CLBK VS RUJU’

This is comparative of love. Ya, pada paragraph ini saya mencoba melakukan perbandingan Antara CLBK dengn Ruju’. CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) merupakan hal yang lumrah digunakan di Indonesia. Anehnya CLBK ini biasanya ditanggapi dengan rasa bahagia meski masih dikalahkan oleh kebahagiaan saat ditembak pertama. CLBK adalah kembalinya seseorang pada pasangan yang dulu sempat memutuskannya dengan alasan tertentu. Ini mungkin hampir sama dengan Ruju’ dalam Islam.  Tapi akan terlihat perbedaannya jika pembaca tidak berhenti pada titik ini. Dilanjut ya, ho ho ho,,,…

Seperti titik (.) dan koma (,), begitulah perbandingan keduanya. Titik menandakan putusnya satu kalimat karena dianggap telah sempurna dan tidak perlu adanya penyambungan. Sementara koma hanyalah jeda sementara. Koma ini mungkin ibarat waqaf atau saktah di dalam ilmu tajwid. Dan titik adalah ayatnya. Titik menunjukan pada hubungan cinta yang putus, dan untuk menyambungnya kembali istilah yang sering dipakai adalah CLBK. Sementara Ruju’ juga bermakna kembali namun tidak pada hubugan yang putus, melainkan hubungan yang masih bersambung.

Ruju’ terjadi di dalam hubungan percintaan sementara CLBK terjadi di luar hubungan percintaan. Artinya, CLBK terjadi setelah seseorang yang kau cintai sempat mengkhianati cintanya, sementara Ruju’ terjadi karena seseorang membutuhkan waktu untuk meyakinkan dirinya bahwa kamu adalah cinta sejatinya. Memang keduanya bisa jadi memiliki sebab yang sama.

“Mungkin CLBK itu seperti sebuah kebodohan kali ya. Seperti jatuh pada lubang yang sama. CLBK tak ubahnya hanya membiarkan orang yang sama menyakitimu. Keledai aja tak mau melakukannya,” ungkapku pada status FB-ku beberapa waktu yang lalu. Ya inilah kritikanku dalam tulisan kali ini. Berbeda dengan Ruju’, karena Ruju’ terjadi ketika seseorang menthalaq dan kita tetap atau masih di dalam ikatan cinta. Kita belum putus ketika itu. Cukup sampai di sini ya. Sebenarnya masih ada yang lain, tapi lagi malas nulis saya. He he he…….


Blog ini dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1997 tentang hak cipta. Diberdayakan oleh Blogger.